Learning Disabilities / Kesulitan Belajar
Learning Disabilities
Oleh:
Arman
Febrian : 08.0301.0045
Dwi
Nurpinto : 08.0301.0011
Sadmoko
Adi S : 08.0301.0042
Alfa Robi’ul S : 08.0301.0119
BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADDIYAH MAGELANG
TAHUN 2009/2010
BAB I
PENDAHULUAN
Aktifitas belajar bagi setiap individu, tidak selamanya
dapat berlangsung secara wajar. Kadang-kadang lancar, kadang-kadang tidak,
kadang-kadang dapat cepat menangkap apa yang dipelajari, kadang-kadang terasa
amat sulit. Dalam hal semangat, terkadang semangatnya tinggi, tetapi juga sulit
untuk mengadakan konsentrasi.
Demikian kenyataan yang sering kita jumpai pada setiap anak
didik dalam kehidupan sehari-hari dalam kaitannya dengan aktifitas belajar.
Setiap individu memang tidak ada yang sama. perbedaan individu ini pulalah yang
menyebabkan perbedaan tingkah laku dikalangan anak didik. “dalam keadaan di
mana anak didik / siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya, itulah yang
disebut dengan kesulitan belajar. Kesulitan belajar merupakan kekurangan yang
tidak nampak secara lahiriah. Ketidak mampuan dalam belajar tidak dapat
dikenali dalam wujud fisik yang berbeda dengan orang yang tidak mengalami
masalah kesulitan belajar.
Kesulitan belajar ini tidak selalu disebabkan karena factor
intelligensi yang rendah (kelaianan mental), akan tetapi dapat juga disebabkan
karena faktor lain di luar intelligensi. Dengan demikian, IQ yang tingi belum
tentu menjamin keberhasilan belajar. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa
kesulitan belajar adalah suatu kondisi proses belajar yang ditandai
hambatan-hambatan tertentu dalam mencapai hasil belajar.
RUMUSAN MASALAH
1 Faktor Penyebab Kesulitan Belajar
2 Jenis Kesulitan Belajar
3 Mengatasi Kesulitan Belajar
BAB II
Pengertian
Belajar merupakan suatu proses atau
bentuk perubahan tingkah laku, perubahan pemahaman, pandangan, harapan atau
pola berpikirnya seseorang. Dengan adanya proses belajar, maka terlihat adanya
perbedaan-perbedaan nyata antara yang satu dengan yang lainnya. Ketidak mampuan
dalam belajar disebut juga anak yang mempunyai problem kesulitan belajar yang
mereka hadapi.
Definisi kesulitan belajar pertama
kali dikemukakan oleh The United States Office of Education (USOE) pada tahun
1977 yang dikenal dengan Public Lau (PL) 94-142, yang hampir identik dengan
definisi yang dikemukakan oleh The National Advisory Committee on Handicapped
Children pada tahun 1967. Definisi tersebut seperti dikutip oleh Nallahan,
Kauffman dan Lioyd (1985 : 14) seperti berikut ini :
Kesulitan belajar khusus adalah
suatu gangguan dalam satu atau lebih dari proses psikologis dasar yang mencakup
pemahaman dan penggunaan bahasa ajaran atau tulisan. Gangguan tersebut mungkin
menampakan diri dalam bentuk kesulitan mendengarkan, berfikir, berbicara,
membaca, menulis, mengeja, atau berhitung.
Definisi
menurut The National Joint Committee for Learing Disabilities (NJCLD) sebagai
berikut :
Kesulilitan belajar menunjuk pada
sekelompok kesulitan yang dimanifestasikan dalam bentuk kesulitan yang nyata
dala kemahiran dan penggunaan kemampuan mendengarkan, bercakap-cakap, membaca,
menulis, menalar, atau kemampuan dalam bidang studi matematika. Gangguan
tersebut intrinsik dan diduga disebabkan oleh adanya disfungsi sistem syaraf
pusat. Meskipun suatu kesulitan belajar mungkin terjadi bersamaan dengan adanya
kondisi lain yang mengganggu (misalnya gangguan sensoris, tunagrahita, hambatan
sosial atau emosional) atau berbagai pengaruh lingkungan (misalnya perbedaan
budaya, pembelajaran yang tidak tepat, faktor-faktor psikogenik), berbagai
hambatan tersebut bukan penyebab atau pengaruh langsung (Hammill et al, 1981 :
336).
PEMBAHASAN
Jenis Kesulitan Belajar
Jenis kesulitan belajar ini dapat dikelompokkan menjadi
empat macam, yaitu sebagai berikut :
1. Dilihat dari jenis kesulitan belajar
:
ada yang berat
ada yang sedang
2. Dilihat dari bidang studi yang
dipelajari :
ada yang sebagian bidang studi yang dipelajari
ada yang
keseluruhan bidang studi.
3. Dilihat dari sifat kesulitannya :
ada yang sifatnya permanen / menetap
ada yang sifatnya hanya sementara
4. Dilihat dari segi factor penyebabnya
:
ada yang Karena factor intelligensi
ada yang karena factor bukan intelligensi
Faktor Penyebab Kesulitan Belajar
Masalah kesulitan belajar ini, tentunya disebabkan oleh berbagai factor. Untuk
memberikan
suatu bantuan kepada anak yang mengalami kesulitan belajar, tentunya kita harus
mengetahui terlebih dahulu faktor apa yang menjadi penyebab munculnya masalah kesulitan
belajar.
Faktor-faktor
penyebab kesulitan belajar dapat digolongkan ke dalam dua golongan, yaitu :
- Faktor intern meliputi:
1. Faktor fisiologi
Faktor
fisiologi adalah factor fisik dari anak itu sendiri. seorang anak yang sedang
sakit, tentunya akan mengalami kelemahan secara fisik, sehingga proses menerima
pelajaran, memahami pelajaran menjadi tidak sempurna. Selain sakit factor
fisiologis yang perlu kita perhatikan karena dapat menjadi penyebab munculnya
masalah kesulitan belajar adalah cacat tubuh, yang dapat kita bagi lagi menjadi
cacat tubuh yang ringan seperti kurang pendengaran, kurang penglihatan, serta
gangguan gerak, serta cacat tubuh yang tetap (serius) seperti buta, tuli, bisu,
dan lain sebagainya.
2. Faktor psikologis
Faktor
psikologis adalah berbagai hal yang berkenaan dengan berbagai perilaku yang ada
dibutuhkan dalam belajar. Sebagaimana kita ketahui bahwa belajar tentunya
memerlukan sebuah kesiapan, ketenangan, rasa aman. Selain itu yang juga
termasuk dalam factor psikoogis ini adalah intelligensi yang dimiliki oleh
anak. Anak yang memiliki IQ cerdas (110 – 140), atau genius (lebih dari 140)
memiliki potensi untuk memahami pelajaran dengan cepat. Sedangkan anak-anak
yang tergolong sedang (90 – 110) tentunya tidak terlalu mengalami masalah
walaupun juga pencapaiannya tidak terlalu tinggi. Sedangkan anak yang memiliki
IQ dibawah 90 ataubahkan dibawah 60 tentunya memiliki potensi mengalami
kesulitan dalam masalah belajar. Untuk itu, maka orang tua, serta guru perlu
mengetahui tingkat IQ yang dimiliki anak atau anak didiknya. Selain IQ factor
psikologis yang dapat menjadi penyebab munculnya masalah kesulitan belajar
adalah bakat, minat, motivasi, kondisi kesehatan mental anak, dan juga tipe
anak dalam belajar.
- Faktor ekstern meliputi ;
1. Faktor-faktor social
Yaitu
faktor-faktor seperti cara mendidik anak oleh orang tua mereka di rumah.
Anak-anak yang tidak mendapatkan perhatian yang cukup tentunya akan berbeda
dengan anak-anak yang cukup mendapatkan perhatian,hal tersebut akan sangat berpengaruh
pada kebiasaan belajar anak.
2. Faktor-faktor non- sosial
Faktor-faktor
non-sosial yang dapat menjadi penyebab munculnya masalah kesulitan belajar
adalah factor guru di sekolah, kemudian alat-alat pembelajaran, kondisi tempat
belajar, serta kurikulum.
Mengatasi Kesulitan Belajar
Anak yang memiliki keterlambatan kemampuan membaca,
mengalami kesulitan dalam mengartikan atau mengenali struktur kata-kata
(misalnya huruf atau suara yang seharusnya tidak diucapkan, sisipan,
penggantian atau kebalikan) atau memahaminya (misalnya, memahami fakta-fakta
dasar, gagasan, utama, urutan peristiwa, atau topik sebuah bacaan).
Mereka juga mengalami kesulitan lain seperti cepat melupakan
apa yang telah dibacanya. Sebagian ahli berargumen bahwa kesulitan mengenali
bunyi-bunyi bahasa (fonem) merupakan dasar bagi keterlambatan kemampuan
membaca, dimana kemampuan ini penting sekali bagi pemahaman hubungan antara
bunyi bahasa dan tulisan yang mewakilinya.
beberapa kesulitan bagi anak-anak penderita disleksia adalah
sebagai berikut :
- Membaca dengan sangat lambat dan dengan enggan
- Menyusuri teks pada halaman buku dengan menggunakan jari telunjuk.
- Mengabaikan suku kata, kata-kata, frase, atau bahkan baris teks.
- Menambahkan kata-kata atau frase yang tidak ada dalam teks.
- Membalik urutan huruf atau suku kata dalam sebuah kata
- Salah dalam melafalkan kata-kata, termasuk kata-kata yang sudah dikenal
- Mengganti satu kata dengan kata lain, meskipun kata yang digantikan tidak mempunyai arti dalam konteksnya.
- Menyusun kata-kata yang tidak mempunyai arti.
- Mengabaikan tanda baca.
Kiat Mengatasi Problem Dysleksia
Cara yang paling sederhana, paling
efektif untuk membantu anak-anak penderita dysleksia belajar membaca dengan
mengajar mereka membaca dengan metode phonic. Idealnya anak-anak akan
mempelajari phonic di sekolah bersama guru, dan juga meluangkan waktu untuk
berlatih phonic di rumah bersama orang tua mereka.
Metode phonic ini telah terbukti berpengaruh terhadap
peningkatan kemampuan anak dalam membaca (Gittelment & Feingold, 1983).
Metode phonic ini merupakan metode yang digunakan untuk mengajarkan anak yang
mengalami problem dysleksia agar dapat membaca melalui bunyi yang dihasilkan
oleh mulut. Metode ini dapat ssudah dikemas dalam bentuk yang beraneka ragam,
baik buku, maupun software.
Bagi anda orang tua, berikut ini merupakan ide-ide yang
dapat membantu anak anda dengan phonic dan membaca:
- Cobalah untuk menyisihkan waktu setiap hari untuk membaca.
- Tundalah sesi jika anak terlalu lelah, lapar, atau mudah marah hingga dapat memusatkan perhatian.
- Jangan melakukan sesuatu yang berlebih-lebihan pada saat pertama mulailah dengan sepuluh atau lima belas menit sehari.
- Tentukan tujuan yang dapat dicapai : satu hari sebanyak satu halaman dari buku phonics atau buku bacaan mungkin cukup pada saat pertama.
- Bersikaplah positif dan pujilah anak anda ketika dia membaca dengan benar. Ketika dia membuat kesalahan, bersabarlah dan bantu untuk membenarkan kesalahan. Jika dia ragu-ragu, berikan waktu sebelum anda terburu-buru memberi bantuan.
- Ketika anda membaca cerita bersama-sama, pastikan bahwa anak tidak hanya melafalkan kata-kata, tetapi merasakannya juga. Tanyakan pendapatnya tentang cerita atau karakter-karakter dalam cerita tersebut.
- Mulailah dengan membaca beberapa halaman pertama atau paragraph dari cerita dengan suara keras untuk memancing anak. Kemudian mintalah anak membaca terusan ceritanya untuk mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya.
- Variasikan aktivitas dengan meluangkan beberapa sesi untuk melakukan permaianan kata-kata sebagai ganti aktivitas membaca, atau mintalah anak untuk mengarang sebuah cerita, tulislah cerita tersebut, dan mintalah ia untuk membaca kembali tulisan tersebut.
- Jangan membuat sesi ini sebagai pengganti kegiatan membaca dengan suara keras pada anak anda. Jik anda selalu membacakan cerita waktu tidur, pertahankanlah itu. Ini akan sangat membantunya mengenal buku dengan punuh kegembiraan.
- Berikan hadiah padanya ketika dia melakukan sesuatu dengan sangat baik atau ketika anda melihat perubahan yang nyata pada nilai-nilainya di sekolah.
Kiat Mengatasi Problem Dysgrapia
Untuk mengatasi problem dysgraphia ini,
sangatlah baik apabila kita belajar dari sebuah kasus anak yang mengalami
dysgraphia. Problem dysgraphia muncul pada Stephen saat sekolah dasar, ia
memiliki nilai yang bagus pada masa-masa awal, akan tetapi kemudian nilainya
jatuh dan akhirnya guru Stephen di kelas V memanggilnya, dan juga memanggil
orang tuanya. Guru tersebut meminta orang tua Stephen untuk mengajari Stephen
mengetik pada mesin ketik yang dapat dibawa kemana-mana (portable). Hasilnya
nilai dan prestasi Stephen meningkat secara tajam.
Sebagian ahli merasa bahwa pendekatan
yang terbaik untuk dysgraphia adalah dengan jalan mengambil jalan pintas atas
problem tersebut, yaitu dengan menggunakan teknologi untuk memberikan
kesmepatan pada anak mengerjakan pekerjaan sekolah tanpa harus bersusah payah
menulis dengan tangannya.
Ada dua bagian dalam pendekatan ini.
Anak-anak menulis karena dua alasan : pertama untuk menangkap informasi yang mereka
butuhkan untuk belajar (dengan menulis catatan) dan kedua untuk menunjukkan
pengetahuan mereka tentang suatu mata pelajaran (tes-tes menulis).
Sebagai ganti menulis dengan tangan,
anak-anak dapat meminta fotokopi dari catatan-catatan guru atau meminta ijin
untuk mengkopi catatan anak lain yang memiliki tulisan tangan yang bagus ;
mereka dapat mengandalkan teman tersebut danmengandalkan buku teks untuk
belajar.
Belajar cara mengetik dan menggunakan
laptop / note book untuk membuat catatan di rumah dan menyelesaikan tugas-tugas
sekolah.
Menggunakan alat perekam untuk
menangkap informasi saat pelajaran
Sebagai ganti menulis jawaban tes dengan tangan, mereka dapat melakukan tes secara lisan, mengerjakan tes dengan pilihan ganda, mengerjakan tes-tes yang dibawa pulang (take – home test) atau tes dalam kelas dengan cara menegtik.
Sebagai ganti menulis jawaban tes dengan tangan, mereka dapat melakukan tes secara lisan, mengerjakan tes dengan pilihan ganda, mengerjakan tes-tes yang dibawa pulang (take – home test) atau tes dalam kelas dengan cara menegtik.
Bila strategi-strategi di atas tidak
mungkin dilakukan karena beberapa alasan, maka anak-anak penderita dysgraphia
harus diijinkan untuk mendapatkan waktu tambahan untuk tes-tes dan ujian
tertulis.
Keuntungan dari pendekatan ini adalah
bahwa pendekatan ini memberikan perbedaan yang segera tampak pada anak. Dari
pada mereka harus bersusah payah mengusaia suatu keterampilan yang sangat sulit
bagi mereka, dan nantinya mungkin akan jarang butuhkan ketika beranjak dewasa,
mereka dapat berkonsentrasi untuk mempelajari keterampilan lain, dan dapat
menunjukkan apa yang mereka ketahui. Hal ini membuat mereka merasa lebih baik
berkenaan dengan sekolah dan diri mereka sendiri. tidak ada alasan untuk
menyangkal kesempatan bagi seorang anak yang cerdas untuk meraih kesuksesan di
sekolah. selain itu, karena pendidikan sangatlah penting bagi masa depan anak,
maka tidak sepadan resiko membiarkan anak menjadi semakin lama semakin frustasi
dan menjadi putus asa karena pekerjaan sekolah.
Problem Kesulitan Menghitung (Dyscalculia)
Berhitung merupakan kemampuan yang digunakan dalam kehidupan
kita sehari-hari, baik ketika membeli sesuatu, membayar rekening listrik, dan
lain sebagainya. Tidak diragukan lagi bahwa berhitung merupakan pekerjaan yang
kompleks yang di dalamnya melibatkan :
- membaca, menulis, dan keterampilan bahasa lainnya.
- kemampuan untuk membedakan ukuran-ukuran dan kuantitas relatif dan obyektif.
- kemampuan untuk mengenali urutan, pola, dan kelompok.
- ingatan jangka pendek untuk meningat elemen-elemen dari sebuah soal matematika saat mengerjakan persamaan.
- kemampuan membedakan ide-ide abstrak, seperti angka-angka negatif, atau system angka yang tidak menggunkan basis sepuluh.
Meskipun banyak masalah yang mungkin turut mempengaruhi
kemampuan untuk memahami, dan mencapai keberhaislan dalam pelajaran matematika.
Istilah ‘dyscalculia’, biasanya mengacu pada pada suatu problem khusus dalam
menghitung, atau melakukan operasi aritmatika, yaitu penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian.
Anak yang mengalami problem dyscalculia merupakan anak yang
memiliki masalah pada kemampuan menghitung. Anak tersebut tentunya belum tentu
anak yang bodoh dalam hal yang lain, hanya saja ia mengalami masalah dengan
kemampuan menghitungnya. Untuk lebih jelas mengenai gambaran anak yang
mengalami problem dyscalculia, perhatikanlah contoh kasus berikut.
Seorang anak bersama Jesica (sepuluh tahun, duduk di kelas
V) didapati mengalami masalah dengan mata pelajaran matematika. Nilai
matematika yang Jessica dapat selalu rendah, walaupun pada mata pelajaran lain,
nilainya baik. Lalu seorang guru memanggilnya, dan memberinya lembar kertas dan
pensil dan memintanya menyelesaikan soal berikut :Jones seorang petani memiliki
25 pohon apel dan tiap pohon menghasilkan 50 kilogram apel pertahun, berapa
kilogram apel yang dihaislkan Jones tiap tahun?. Ia berusaha keras menemukan
jawabannya tetapi tetap tidak bisa. Ketika guru bertanya bagaimana cara
menyelesaikan, ia menjawab, ia harus mengalikan 25 dengan 50, akan tetapi ia
tidak dapat menghitungnya. Kemudian guru memberinya kalkulator, dan kemudian ia
dapat menghitungnya. Inilah gambaran seorang anak yang mengalami problem
“dyscalculia”.
Kiat Mengatasi Anak Dengan Dyscalculia
Kiat Mengatasi Anak Dengan Dyscalculia
Seperti halnya problem kesulitan menulis dan membaca, ada
dua pendekatan yang mungkin : kita dapat menawarkan beberapa bentuk penganganan
matematika yang intensif, atau dengan mengambil jalan pintas.
Pendekatan yang pertama, yaitu penanganan matematika yang intensif,
dapat kita lakukan dengan teknik “individualisasi yang dibantu tim”. Pendekatan
ini menggunakan pengajaran secara privat dengan teman sebaya (peer tutoring).
Pendekatan ini mendasari tekniknya pada pemahaman bahwa kecepatan belajar
seorang anak berbeda-beda, sehingga ada anak yang cepat menangkap, dan ada juga
yang lama. Teknik ini mendorong anak yang cepat menangkap materi pelajaran agar
mengajarkannya pada temannya yang lain yang mengalami problem dyscalculia
tersebut.
Pendekatan yang kedua, yaitu jalan pintas, sebagaimana
Jessica diberikan kalkulator untuk menghitung, maka anak dengan problem
dyscalculia ini juga dapat diberikan calculator untuk menghitung. Hal ini
sederhana karena anak dengan problem dyscalculia tidka memiliki masalah dengan
kaitan antara angka, akan tetapi lebih kepada menghitung angka-angka tersebut.
KESIMPULAN
1.
Kesulitan belajar menyatakan
suatu kegagaln terus menerus yang dialami seorang anak dalam pelajaran di
sekolah.
2.
Kesulitan belajar sebagai
adanya suatu hambatan dalam hubungan antar manusia dengan sekitarnya, dengan
sesama, dan diri sendiri.
3.
Kesulitan belajar dapat
disebabkan oleh faktor psikologis dan fisik. Tentunya hal ini akan dijelaskan
oelh ahli yang terkait.
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi,
Abu & Widodo, Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta :
Rineka Cipta
Wood, Derek et
al. Penerjemah Taniputra. 2005. Kiat Mengatasi Gangguan Belajar (Terjemahan).
Yogyakarta : Kata Hati.
Feldmen, William. Penerjemah Sudarmaji. 2002. Mengatasi
Gangguan Belajar Pada Anak. Jakarta : Prestasi Putra.
Komentar
Posting Komentar